Rabu, 05 Oktober 2011

Perkembangan Hardware di Dunia

Di era teknologi informasi dan komunikasi yang pesat sekarang ini, komputer termasuk salah satu peranti “wajib” yang tak dapat diabaikan. Kini peranti yang pada dasarnya hanya untuk membantu proses berhitung (to compute) ini telah sangat ampuh dan multiguna. Merampungkan pekerjaan kantor, menikmati musik dan film, hingga nge-game dapat dilakukan menggunakan alat ini. Begitu pula menjelajah internet dan bertukar data antar pengguna yang terpisah jarak ribuan kilometer.

Vincent Atanasoff lahir pada 4 Oktober 1903 di Hamilton, New York, namun dibesarkan di Brewster, Florida. Sejak kecil Atanasoff telah menunjukkan ketertarikannya pada matematika. Anak seorang insinyur listrik ini pun tak mengalami banyak hambatan saat mereguk ilmu di bangku sekolah. Bahkan pendidikan menengahnya (setara SMA) diselesaikannya dalam waktu dua tahun saja.
Selepas itu Atanasoff melenggang ke University of Florida untuk menekuni bidang kelistrikan. Mungkin kekaguman pada sang ayah melandasi pilihannya ini. Di usia 22, dia lulus dengan menggondol gelar Bachelor of Science. Tak main-main, nilainya pun sempurna, A untuk semua bidang studi.

Atanasoff dan Berry akhirnya membuat Komputer ABC (Atanasoff-Berry Computer) yang mana mesin hitung digital. Lalu dilanjutkan oleh Mauchly dengan mebuat ENIAC. Inilah asal mula dari Komputer.

Kita dapat lihat pada Komputer dan ENIAC dari bentuk alatnya yang besar dan berat-berat, kini kita lihat perubahannya pada zaman ini. Komputer yang dapat di genggam atau komputer jinjing. Dari awal bentuk komputer terlihat besar dan berat namun atas kemajuan zaman, komputer kini berbentuk kecil atau diminimalisir bentuknya dan fungsinya yang masih utuh.

Selain dari komputer, kini Hologram telah ada yang bisa dipegang. Hal ini membuktikan bahwa Teknologi saat ini telah berkembang pesat di dunia. Maka kita perlu terus update perkembangan hardware saat ini, seperti Processor, VGA, RAM, Mainboard dan perangkat keras lainnya.

Sumber : http://caritauaja.info/knowledge/artikel/sejarah-perkembangan-komputer

Reshuffle Kabinet 2011

Tahun 2011, pemerintahan Indonesia kembali dihebohkan oleh Reshuffle Kabinet yang pernah dilakukan Presiden SBY tahun lalu. Presiden SBY bersama Wapres Boediono telah memberi kabar akan mengumumkan perubahan susunan kabinet sebelum tanggal 20 Oktober. Sebelum pengumuman susunan kabinet baru, Presiden SBY pun berjanji akan memberi tahu latar belakang dilakukannya Reshuffle Kabinet pada tahun 2011 ini. Terdengar kabar pada tanggal belasan Oktober, calon-calon menteri baru akan dipanggil ke kediaman Presiden SBY di Puri Cikeas. Yang mana akan dilantik pada tanggal 20 Oktober nanti yang bertepatan dengan 2 tahunnya Kedudukan SBY-Boediono.

Namun Reshuffle Kabinet kali ini membuat beberapa pihak angkat bicara untuk berpendapat, sepeti Anis Matta, Arie Sudjito dan Abdul Aziz SR.

Anis Matta yang mana menjabat sebagai Sekjen PKS berkata, “Sebaiknya SBY memikirkan kembali langkah Reshuffle Kabinet yang semula diasumsikan untuk perbaikan kinerja yang ingin dilahirkan melalui Reshuffle Kabinet, tidak bisa dibuktikan juga selama ini.” Pada detikcom, Senin (3/10/2011). Anis Matta berpendapat Reshuffle Kabinet mengakibatkan para menteri tidak fokus bekerja dan panik menghadapi isu Reshuffle. Dia pun memberi masukan kepada SBY untuk memberi evaluasi dan membimbing menteri yang belum optimal dalam bekerja. "Lebih baik SBY fokus dengan menteri yang sudah ada. Mengoptimalkan kinerja para menteri yang sudah ada di kabinet," pintanya.

Staf Khusus Bidang Komunikasi Politik Daniel Sparringa menyebut segera akan ada wajah baru dan komitmen baru di Pemerintahan SBY-Boediono. Jika Reshuffle Kabinet dilakukan, maka jangan sampai sekadar basa basi belaka. "Reshuffle harus dilakukan untuk membangun kredibilitas dan jangan untuk tujuan pencitraan. Reshuffle jangan basa-basi saja. SBY harus tunjukkan itu," ujar pengamat politik dari UGM Arie Sudjito dalam perbincangan dengan detikcom, Minggu (18/9/2011). "Reshuffle harus dipahami sebagai bagian dari penegakkan integritas dan kredibilitas. Yang harus dibenahi bukan hanya yang di atas (menteri-menteri) dan melupakan masalah yang ada di bawahnya. Jangan hanya membenahi permukaan tapi bawahnya nggak disentuh," tutur Arie. Menurut dia, Kabinet Indonesia Bersatu jilid II ini belum berjalan efektif lantaran tidak ada terobosan-terobosan, baik pada 100 hari pertama maupun sesudahnya. Karena ini, Arie merasa birokrasi belum 'nendang'. Wacana reshuffle menguat lagi menjelang 2 tahun pemerintahan SBY-Boediono lantaran sejumlah kementerian didera dugaan korupsi. Misalnya saja di Kemnakertrans, muncul dugaan suap yang melibatkan dua pejabat di kementerian dan seorang rekanan. Selain itu, di Kemenpora muncul dugaan suap pembangunan Wisma Atlet yang juga menyeret-nyeret Sekretaris Menpora Wafid Muharam dan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin. Menurut sumber, Menteri ESDM dipandang tidak bekerja optimal, hal ini sesuai dengan hasil evaluasi UKP4 yang terakhir. Sedangkan Menteri BUMN diisukan akan diganti karena kondisi kesehatannya yang tidak stabil. Maka dari itu, Menteri ESDM dan Menteri BUMN akan terkena Reshuffle.

Terminologi gaya kepemimpinan intervensionistis yang akan diterapkan Presiden SBY setelah melakukan reshuffle kabinet dinilai sebagai hal yang tidak jelas. "Terminologi gaya kepemimpinan intervensionistis itu jangan-jangan hanya ungkapan spotanitas saja yang tidak punya makna apa-apa," kata Abdul Aziz SR, pengajar pada Program Pascasarjana Universitas Indonesia, Senin (3/10/2011) di Surabaya. Menurut Aziz, tidak efektifnya pemerintahan SBY selama ini bukan terletak pada gaya kepemimpinan semata. Akan tetapi, karena SBY sendiri lemah dalam manajemen pemerintahan. SBY tidak tegas dalam mengarahkan para menterinya dan mengeksekusi kebijakan.

Banyak opini-opini lain tentang Reshuffle Kabinet tahun ini. Kita sebagai rakyat hanya berharap yang terbaik bagi Negeri Tercinta kita. Agar Negeri ini bersih dari KKN, seluruh rakyat hidup sejahtera, dan Indonesia dapat terkenal di mancanegara.

Sumber :

· http://nasional.kompas.com/read/2011/10/03/09135621/Presiden.Segera.Panggil.Calon.Menteri

· http://www.detiknews.com/read/2011/10/03/081540/1735137/10/anis-matta-minta-sby-batalkan-reshuffle-kabinet

·
http://www.detiknews.com/read/2011/09/18/100640/1724855/10/reshuffle-kabinet-jangan-basa-basi

·
http://nasional.kompas.com/read/2011/10/03/08084676/Gaya.Intervensionistis.Gaya.Tak.Jelas





Aku Dan Masa Depanku

Nama saya adalah Aldo Serena Widodo, seorang mahasiswa di bidang Komputer. Saya masuk ke jurusan Sistem Komputer karena memang saya menyukai teknologi dan berharap bisa menguasainya dan mengembangkannya di Indonesia. Maka dari itu, saya telah memiliki tujuan hidup saya dan berupaya mewujudkan mimpi saya.

Impian saya adalah membuat OS khusus untuk Indonesia, membuat Game dengan latar belakang Indonesia, dan memajukan Teknologi di Indonesia. Saat ini saya memang belum memiliki modal yang cukup untuk mencari informasi tentang OS (Operating System) yang cocok untuk rakyat Indonesia. Untuk membuat OS, saya memerlukan bantuan dari orang-orang disekitar saya untuk bantuan dalam Ilmu, Materi dan Tenaga. Maka dari itu, saat ini saya hanya memperbanyak teman dan memikirkan sumber dana nantinya.

Untuk Game, mungkin Negara Korea Selatan telah banyak mengeluarkan game-game yang terkenal di dunia maupun Indonesia. Disini saya berharap dapat membuat game dengan latar belakang sejarah Indonesia, seperti Kerajaan Majapahit, Sriwijaya, dll. Mungkin melalui game seperti itu, anak-anak akan lebih nyaman tentang Sejarah di Indonesia dan mengenal budaya di Indonesia.

Sedangkan untuk memajukan teknologi di Indonesia kita perlu melakukan pengenalan teknologi di Indonesia. Sebagian Rakyat Indonesia masih belum mengenal dengan baik Teknologi saat ini, maka dari itu saya perlu kerjasama dari Pemerintah setempat untuk memberi penyuluhan akan teknologi saat ini yang akan memudahkan pekerjaan mereka. Dimana memberi info tentang teknologi yang bagus dan juga tidak merugikan orang lain.

Mungkin banyak orang yang akan berkata, hal yang akan saya lakukan hanya buang-buang waktu saja. Namun saya bertekad untuk memajukan Indonesia agar tidak tertinggal oleh negara-negara berkembang lainnya.

Dampak Korupsi di Indonesia

Kata “Korupsi” di Indonesia sudah sering terdengar di telinga. Setiap minggu, ada saja berita tentang korupsi di Indonesia dari pemerintahan maupun swasta. Namun kita kembali mengetahui arti dari Korupsi terlebih dahulu.

Korupsi (bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok). Secara harfiah, korupsi adalah perilaku pejabat publik, baik politikus|politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.

Dalam arti yang luas, korupsi atau korupsi politis adalah penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi. Semua bentuk pemerintah|pemerintahan rentan korupsi dalam prakteknya. Beratnya korupsi berbeda-beda, dari yang paling ringan dalam bentuk penggunaan pengaruh dan dukungan untuk memberi dan menerima pertolongan, sampai dengan korupsi berat yang diresmikan, dan sebagainya. Titik ujung korupsi adalah kleptokrasi, yang arti harafiahnya pemerintahan oleh para pencuri, dimana pura-pura bertindak jujur pun tidak ada sama sekali.

Korupsi memberi dampak negatif ke seluruh aspek di begeri Indonesia seperti :
• Demokrasi.
Korupsi menunjukan tantangan serius terhadap pembangunan. Di dalam dunia politik, korupsi mempersulit demokrasi dan tata pemerintahan yang baik (good governance) dengan cara menghancurkan proses formal. Korupsi di pemilihan umum dan di badan legislatif mengurangi akuntabilitas dan perwakilan di pembentukan kebijaksanaan; korupsi di sistem pengadilan menghentikan ketertiban hukum; dan korupsi di pemerintahan publik menghasilkan ketidak-seimbangan dalam pelayanan masyarakat. Secara umum, korupsi mengkikis kemampuan institusi dari pemerintah, karena pengabaian prosedur, penyedotan sumber daya, dan pejabat diangkat atau dinaikan jabatan bukan karena prestasi. Pada saat yang bersamaan, korupsi mempersulit legitimasi pemerintahan dan nilai demokrasi seperti kepercayaan dan toleransi.

• Ekonomi

Dalam aspek ekonomi kita dapat melihatnya sendiri, dimana banyaknya kemiskinan dan pengangguran di Indonesia.

• Kesejahteraan umum negara
Korupsi politis ada di banyak negara, dan memberikan ancaman besar bagi warga negaranya. Korupsi politis berarti kebijaksanaan pemerintah sering menguntungkan pemberi sogok, bukannya rakyat luas. Satu contoh lagi adalah bagaimana politikus membuat peraturan yang melindungi perusahaan besar, namun merugikan perusahaan-perusahaan kecil (SME). Politikus-politikus "pro-bisnis" ini hanya mengembalikan pertolongan kepada perusahaan besar yang memberikan sumbangan besar kepada kampanye pemilu mereka.

Pada 17 Oktober 2006, Kejaksaan Agung Republik Indonesia mulai menayangkan foto dan menyebarkan data para buronan tindak pidana korupsi yang putusan perkaranya telah berkekuatan hukum tetap. Data dan foto 14 belas koruptor tersebut direncanakan ditayangkan di televisi dan media massa dengan frekuensi seminggu sekali.
Mereka adalah:
1. Sudjiono Timan - Dirut PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI)
2. Eko Edi Putranto - Direksi Bank Harapan Sentosa (BHS)
3. Samadikun Hartono - Presdir Bank Modern
4. Lesmana Basuki - Kasus BLBI
5. Sherny Kojongian - Direksi BHS
6. Hendro Bambang Sumantri - Kasus BLBI
7. Eddy Djunaedi - Kasus BLBI
8. Ede Utoyo - Kasus BLBI
9. Toni Suherman - Kasus BLBI
10. Bambang Sutrisno - Wadirut Bank Surya
11. Andrian Kiki Ariawan - Direksi Bank Surya
12. Harry Mattalata alias Hariram Ramchmand Melwani - Kasus BLBI
13. Nader Taher - Dirut PT Siak Zamrud Pusako
14. Dharmono K Lawi - Kasus BLBI


Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Korupsi

Minggu, 06 Maret 2011

Interface Manusia dan Komputer

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Yang mendasari adanya IMK adalah karena kebutuhan manusia untuk berinteraksi dengan computer yaitu menggunakan sejumlah menu maupun teks atau juga bisa menggunakan alat bantu masukan (input) yang berupa mouse ataupun keyboard.dan juga memerlukan alat bantu keluaran (output) yang dimana data-data tersebut dapat disimpan dalam media penyimpanan yang biasa disebut memori unit.

Prinsip kerja komputer = input – proses – output.Kepada komputer diberikan data yang umumnya berupa deretan angka dan huruf. Kemudian diolah didalam komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia.

Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse.

Yang kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer).

Manusia pada umumnya tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan ke dalam kotak cpu melalui keyboard. Manusia (user) selalu terfokus pada monitor/printer sebagai keluaran.

Manusia jarang sekali menyadari proses interaksi dengan komputer. Manusia barumenyadari proses interaksi tersebut saat menemukan masalah dan tidak menemukan solusi pemecahannya. Biasanya manusia menyalahkan antarmuka yang kurang inovatif, kurang menarik, kurang komunikatif.

Interaksi bisa dikatakan dialog antara user dengan komputer. Secara umum interaksi antara Manusia dan Komputer melalui interface yang mana berupa Sistem Operasi (Layaknya Windows atau Linux).

Jadi Sistem Operasi pada computer temasuk interface antara manusia dan computer dimana membantu komunikasi antar kedua belah pihak. Zaman sekarang pun Sistem Operasi telah mempermudah manusia untuk mengoperasikan computer.


Model atau jenis interaksi, antara lain :

1. Command line interface (perintah baris tunggal)
contoh : unix, linux, dos (Sistem Operasi)

2. Menu (menu datar dan menu tarik)
contoh : hampir semua software menggunakan menu

3. Natural language (bahasa alami)
contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)

4. Question/answer and query dialogue
contoh : Access, MySQL, Oracle, dll

5. Form-fills and spreadsheets
contoh : Excel, Lotus, dll

6. WIMP
- Windows Icon Menu Pointer
- Windows Icon Mouse Pulldown Menu

yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll

Tujuan IMK.

I. Menghasilkan sistem yang :
- Bermanfaat (usable) : Sistem mudah digunakan dan dipelajari.
- Aman (safe)
- Efektif
- Efisien
- Utilitas : Sistem dapat meningkatkan efektifitas dan efisien kerjanya.

II. Mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer.



Sumber :

a. INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER | bTw Blog http://www.btw.web.id/interaksi-manusia-dan-komputer.php#ixzz1FqZVgahq

b. http://eziekim.wordpress.com/2010/10/20/sekilas-tentang-interaksi-manusia-dan-komputer-imk/


Rabu, 29 Desember 2010

Aplikasi Manajemen Proyek dan Resiko

Setiap pekerjaan atau seseorang akan menghadapi suatu Proyek dimana untuk menambah pendapatan atau pun melakukan tugas yang diberikan oleh atasan di pekerjaannya.

Mungkin hingga saat ini, banyak proyek yang sukses dan gagal. Dimana kegagalan diakibatkan kurangnya persiapan yang matang dalam pembuatan atau pelaksanaan proyek tersebut. Maka dari itu, sebelum pelaksanaan proyek kita perlu melakukan "Manajemen Proyek dan Resiko" yang mana mengetahui resiko dari proyek itu dan cara untuk menghadapi proyek itu.

Disini saya akan mencoba memberikan contoh Manajemen Proyek dan Resiko pada Proyek Tempat Jahit Pakaian.

Proyek Tempat Jahit Pakaian :
- Peralatan yang dibutuhkan untuk membangun tempat jahit, yaitu :
1. Tempat atau Lokasi dimana belum adanya jasa penjahit. Demi kelancaran pekerjaan, sebaiknya lokasi berada di daerah Komplek/pedesaan atau pasar.
2. Mesin Jahit yang disesuaikan dengan banyaknya pekerja (penjahit).
3. Mesin Obras, Mesin untuk pemasangan kancing, Mesin Neci dan Mesin Kamkut.
4. Kain-kain yang akan dipergunakan sebagai bahan jahitan.
5. Meja untuk pemotongan pola dan kursi buat masing-masing meja yang ada (pada mesin jahit dan meja pemotongan pola jahitan)
6. Kipas Angin
7. Bahan-bahan untuk menjahit, seperti jarum, benang, gunting dan keperluan lainnya.

- Pekerja untuk menjahit, pengobras, memotong pola dan penerima pesanan dari customer.

- Modal yang diperlukan :
1. Mesin Jahit, Obras, Kamkut,Pemasangan Kancing dan Neci
2. Kain-kain untuk bahan jahitan
3. Peralatan jahit lainnya, seperti benang, jarum, dan gunting
4. Kipas Angin
5. Sebuah Meja dan Kursi buat masing meja jahit

Modal yang diperlukan adalah Rp 50.000.000,-

- Untuk Biaya Jasa :
1. Pembuatan Pakaian Rp 25.000 - Rp 40.000
2. Pengobrasan Rp 5.000 - Rp 12.000

- Masalah yang kemungkinan akan didapat :
1. Adanya kerusakan pada Mesin Jahit
2. Stock Kain habis
3. Adanya Pekerja yang izin pulang

- Cara Penyelesaian :
1. Cari Penjahit yang bisa memperbaiki alat mesin jahit untuk meringankan pengeluaran.
2. Untuk Kain lebih baik berlangganan ke Toko Kain, agar lebih efisien dalam hal produksi.
3. Apabila ada Pekerja yang izin pulang, sebaiknya mencari Pekerja sementara yang dibayar per hari.

Kamis, 28 Oktober 2010

Karakteristik Manajemen Proyek & Resiko

Manajemen Proyek

• Secara tradisional pengertian manajemen adalah meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penempatan orang, pengendalian dan pengarahan.
• Manajemen Proyek adalah kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengendalikan sumberdaya organisasi untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu dengan sumberdaya tertentu.
• Manajemen Proyek mempergunakan personil untuk ditempatkan pada tugas tertentu dalam proyek

Ciri-ciri Manajemen Proyek
Mekanisme proyek dalam hubungannya dengan pengelolaan, organisasi dan sumber daya mempunyai ciri-ciri tertentu sebagai berikut :
• Memimpin organisasi proyek dan beroperasi secara independen.
• Pembawa tunggal untuk mencapai satu tujuan proyek.
• Memerlukan bermacam-macam keahlian dan sumber daya.
• Bertanggung jawab menyatukan orang-orang dari berbagai fungsi/disiplin yang bekerja.
• Memfokuskan pada ketepatan waktu dan biaya.

Macam-macam Proyek
• Proyek Kapital
Proyek ini biasanya berupa pengeluaran biaya untuk pembebasan tanah, pembelian peralatan, pemasangan fasilitas dan konstruksi gedung
• Proyek Penelitian dan Pengembangan
Proyek ini bisa penemuan produk baru, temuan alat baru dll. proyek ini dapat muncul dilembaga komersial maupun pemerintah.
• Proyek yang berhubungan dengan manajemen service
Proyek ini sering uncul dalam perusahaan maupun instansi pemerintah. Proyek ini bisa berupa perancangan struktur organisasi, pembuatan sistem informasi manajemen, peningkatan produktifitas perusahaan.

Sumber : http://hadi27.wordpress.com/management-proyek-dan-resiko/